Cara Meningkatkan Harga Diri

Sudah saya kupas pada postingan sebelumnya bahwa harga diri adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri, melalui sikap terhadap dirinya sendiri yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan dan menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memeiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.

Begitu sangat pentingnya harga diri untuk selalu ditingkatkan untuk dapat mencapai hidup yang memiliki derajad dan martabat yang tinggi. Berawal dari diri sendirilah harga diri akan tumbuh.

Berikut ada tips dan trik untuk menumbuhkan dan meningkatkan harga diri (versi choose to be happy) :

  1. Belajar untuk selalu menghargai diri sendiri. walaupun terkadang orang lain memandang diri anda rendah tapi tetapkan keyakinan anda bahwa andalah yang berhak atas hidup anda dan anda yang paling mengerti diri anda.
  2. Belajar untuk menyukai diri sendiri. Menyukai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya. dan belajar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Lihat sisi positif dari diri anda, adn yang paling penting adalah bersyukur untuk segala yang kita miliki.
  3. Miliki gambar diri yang positif. hal ini berhubungan dengan penerimaan diri. gambar diri adalah cara pandang anda terhadap diri anda. yakinkan diri anda kalau anda layak untuk berhasil, anda pantas untuk dicintai dan dihargai, anda adalah pribadi yang special. Ingatlah bahwa gambar diri anda mmpengaruhi perilaku anda.
  4. Lakukan apa yang anda anggap penting. walaupun anda merasa anda tidak mampu karena anda malu dan takut, paksakan diri anda untuk melalui proses itu. percayalah bahwa ternyata diri anda mampu untuk melakukannya. yang perlu diingat adalah semakin kita paksakan untuk melalu proses yang tidak enak, semakin anda memperluas daerah teritori kenyamanan anda.
  5. Belajar untuk hidup mandiri, tidak tergantung dengan orang lain, sehingga anda tidak rentan terhadap penolakan.
  6. Jangan menghubungkan harga diri anda dengan kegagalan atau kesalahan yang anda lakukan. tanamkan pada diri anda untuk tidak menyerah pada keadaan.
  7. Miliki konsep diri yang benar tentang harga diri, bahwa harga diri berasal dari dalam bukan dari luar diri kita. bukan terletak pada materi yang kita peroleh, kesuksesan yang kita peroleh karena materi dan kesuksesan hanya menumbuhkan harga diri semu dan tidak dapat bertahan selamanya.
  8. Hargai diri sendiri, jangan tolak pujian sederhana yang dikatakan orang mengenai kita. terima itu dan berpikir lebih maju lagi. hati-hati bila ada kata-kata dibeak anda seperti “aku memang bodoh”, ” aku memang gak bisa”, “alah ini cuma mimpi , gak mungkin jadi nyata”. kata2 beracun ini akan merusak harga diri anda yang anda bangun perlahan-lahan.

Semoga setelah membaca postingan ini anda dapat meningkatkan harga diri dan kualitas hidup anda. Semoga bermanfaat!!

Tulisan Yang Berhubungan

Pengertian Harga Diri

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri

Tugas Perkembangan Remaja

Pengertian Remaja

Tips Menangani Anak Agresif

Artikel yang berkaitan :

  1. 2 Februari 2010 pukul 06:09

    Account Anda telah disetujui admin INDOTOPTEN, login dan copy paste banner untuk mengetahui daftar statistik dan rangking web Anda..
    Terima kasih…

  2. uchiha ben
    2 Februari 2010 pukul 19:55

    siip bgt bro..

  3. uchiha ben
    2 Februari 2010 pukul 19:57

    siip bgt br0,bisa nambah refrensi..

    • 2 Februari 2010 pukul 20:37

      makasih dah berkunjung………

  4. 6 Februari 2010 pukul 12:49

    baca baca iak!

    • 7 Februari 2010 pukul 00:35

      monggo2…..silakan……

  5. 7 September 2010 pukul 08:49

    wah ini info yg menarik pas untuk orang yg gk PD
    hehehe

  6. anna
    31 Maret 2011 pukul 11:36

    bagaimana seandainya ada seorang orang tua yang selalu berusaha untuk merendahkan harga diri anaknya dengan alasan untuk kepentingan bersama dan dia orang tua yg lebih punya otoritas dan cukup mampu? harus menurut atau bagaimana?th1

  7. 16 Agustus 2011 pukul 09:36

    mantap….

    like this pokoknya…..

  8. 24 Maret 2012 pukul 00:43

    saya sangat senang membaca atas artikel di atas yang menerangkan bahwa harga diri sangat sangat penting.dan pepatah bilang semut dari jauh terlihat tampak sedangkan gajah di depan mata tak terlihat…jadilah jadilah jadilah..jadi jadilah diri kamu sendiri.

  1. 15 April 2010 pukul 11:51

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 939 pengikut lainnya.