Cara Mengatasi Anak Pemarah

Anak pemarah merupakan masalah bagi orang tua, bayangkan saja anak selalu marah-marah jika permintaannya tidak dituruti, bagaimana pusingnya orang tua dalam menghadapi anak yang seperti itu? Jika anak sedang emosi atau marah biasanya dilampiaskan dengan cara membanting pintu, melempar sesuatu, menendang meja, mengacaukan segala hal dan berteriak-teriak penuh kemarahan.

Rasa marah bisa timbul akibat banyak sebab, termasuk yang terjadi pada anak-anak. Terkadang orangtua ikut kesal jika anak selalu bertindak marah-marah. Berikut akan dipaparkan bagaimana mengatasi anak yang suka marah menurut versi Vera Farah Bararah.

Bagaimana cara mengatasi anak yang suka marah?

Baca Selengkapnya . . .

Related post :

Kenakalan Anak

Kesehatan Reproduksi

Penyakit Kelamin

Psikologi Pendidikan

Pengertian Psikologi

  • Contoh Teks Pidato
  • Cara Menulis Naskah Pidato
  • Macam – Macam Pidato
  • Contoh Kata Pengantar
  • Tujuan Pendidikan Nasional
    1. Lydiana
      7 April 2010 pukul 21:32

      Dear mr,
      saya memiliki problem dimana anak saya usia 5 thn 8 bln, sering kali marah pada saya terutama kl saya ada urusan hrs keluar rumah, pengertian sepergi apa yg hrs saya berikan?
      terima kasih.

      • 26 Maret 2012 pukul 20:45

        dear mr,
        saya memiliki anak laki2 berumur 4 tahun,anak saya sulit sekali untuk diajari,entah itu belajar warna,angka,berhitung,dan anak saya tidak punya keinginan untuk sekolah,kl marah dia selalu berteriak2 sambil nangis,tp yang saya herankan dia suka sekali ketika mendengarkan berita di TV,dia lebih interest mendengarkan berita drpd melihat film kartun sprti yg dilakukan anak seusianya..
        apa yg seharusnya saya lakukan…???
        terima kasih….

    2. 21 Juni 2010 pukul 08:48

      beberapa tambahan, bahwasnya perkembangan emosi anak mulai berkembang pesat di saat usia anak sekolah. Puncaknya perkembangan emosi ini meliputi marah, senang, takut, bahagia dan lain-lain. Perkembangan emosi dialami anak usia sekolah karena mereka sudah mulai memasuki dunia luar atau dunia sekolah mereka dimana usia mereka sudah mulai belajar bersama dengan teman seusianya untuk bersosialisas dan belajar membangun sikap menghadapi kelompok sosial di masyarakat.

    3. lucia N.S
      9 Juli 2010 pukul 15:11

      Dear Mr,
      saya mau tanya bagaimana solusi mengatasi anak marah ini ditinjau menurut teori-teori dalam psikologi kepribadian?sperti alfred ,murray dll thanks..

    4. nurhidayat
      20 Juli 2010 pukul 16:46

      dear Mr.
      mau tanya, saya punya seorang teman mempunyai anak yang sekolah kelas 3 sekolah dasar, tapi sampai sekarang anaknya takut kalau kesekolah dan di kelas harus di dampingi ibunya, ketika di suruh maju oleh gurunya nggak mau dsb. Pokoknya anak ini sulit sekali untuk berinteraksi dengan teman temannya, bagaimana seharusnya ya? apakah perlu seorang guru pendamping? terimakasih, kami sangat ingin tahu solusinya.

    5. Mama Zaky
      18 Agustus 2010 pukul 14:16

      Anak saya umur 4, 4 tahun, suka ngambek, suka memerintah, kalo di rumah suka main dengan teman2nya, skrng dia sudah TK Kecil, dari awal masuk hingga sekarang (hampir 1,5 bulan) dia masih minta ditunggui di dalam kelas,kadng mau mendengarkan dan mengerjakan tugas tp sering tidak mau dan bilang capek ma……
      Mengapa anak saya bersikap demikian, bagaimana cara mengatasinya…trima kasih atas jawabannya

    6. sisi
      9 Februari 2011 pukul 14:50

      aku punya adik dia sering menangis tiba tiba tanpa ada sebab. saya bingung bangai mana mengatasinya. dia suka berteriak,jika nangis. orang tua saaya pun sudah kebingungan

    7. dedi fadillah
      25 Februari 2011 pukul 12:19

      saya mempunyai dua orang anak, anak yang pertama berumur 7 tahun, dan anak yang kedua berumur 4 tahun. anak kedua saya ini mempunyai sifat atau karakter yang keras, dia tidak mau mengalah dengan kakaknya, dan satu hal lagi, jika bersalah dia cuek saja walaupun saya sebagai orang tua sudah membimbingnya dan mengarahkan agar meminta maaf jika melakukan kesalahan kepada orang lain terutama kakaknya sendiri, namun dia selalu mengabaikannya.Tolong saya bagaimana solusinya untuk mengarahkan anak kedua ini agar dia dapat lebih baik dan bertanggungjawab dengan segala perbuatan yang dilakukannya . . .

    8. eka
      31 Maret 2011 pukul 15:51

      tetangga saya mempunyai seorang anak laki2, kelas 5 sd.dari kecil memang saya perhatikan anak tersebut sering mencari2 masalah. misalnya tiba2 dia ingin pake baju yang biru, padahal dia tau bajunya masih basah di jemuran. setiap keinginannya tdk di penuhi dia akan marah2, teriak2, dan membanting apa saja. semakin hari tingkahnya makin menjadi. Saat ini dia sdh gak mau sekolah. Dan kalau ada sesuatu yg membuat dia kesal, dia akan ngamuk, malah skrg sdh berani menyakiti mamanya dgn memukul, menendang, bahkan melempar batu. pernah saat sdg bermain bola dia di tegur tetangga agar tdk main di dekat jendela kaca. dia tdk terima dan berani memaki2 tetangga tsb smb berteriak dan melempar barang2, bahkan saat itu warga satu rt berusaha menenangkan, tp tak bisa. tolong beri saran. saya kasihan melihat mamanya setiap hari menangis. Selain itu saya jg merasa terganggu dan takut mempengaruhi anak2 saya, krn anak tsb hampir tiap hari marah2.

    9. hanipan
      10 April 2011 pukul 14:20

      dear mr…
      saya mempunyai anak yang suka keluar rumah..anak saya umur 18 thun.. kira2 bagaimana ya cra nya agar ank saya tersebut tetap betah tinggal di rumah?

    10. 3 Mei 2011 pukul 23:19

      Enak ya kalo punya anak yang penurut…

    11. eka
      7 Mei 2011 pukul 21:57

      sy mau tanya sist, anak sy umurnya 4th 2bln suka ngamek kalau tidak di turuti kemauannya.bukan itu saja selain ngambek dia juga nangis teriak2 dan lempar2 barang,pukul2 org mamanya kadang sampai malu dengan tetangga sebelah.kadng kita sdh keras kita sekali2 kita pukul maksudnya biar dia tau jg kalau dipukul itu sakit!!dengan dia tp lama2 kasihan juga dia ga ada kapoknya kita pukul maksudnya biar berhenti nangisnya malah tambah keras.makanya sekarang kalau dia nangis paling kita diemin aja sampai secapeknya daripada kita juga emosi kasian anaknya.sebenarnya kejadian ini baru2 aja aja setelah dia keluar dari Play group.tadinya dia sekolah tp karena kita harus pindah dan terpaksa kita rehat sejenak karena opening school juli jadi nanggung.yang ingin saya tanyakann apakah itu salah satu faktor yang menyebabkan anak sy jd emosian ya.trims

    12. 23 September 2011 pukul 20:52

      bagai mana kalau seorang anak itu tidak mau sekolah dan kemudian di tanya apa sebenarnya mau kamu nak ???
      si anak tidak menjawab dan lebih memilih diam ….
      bagaimana menyikapi hal tersebut

    13. 18 Oktober 2011 pukul 14:57

      Haii… salam kenal…menarik sekali artikel anda dan blognya juga keren
      saya pencipta lagu anak dan penulis artikel yang berhubungan dengan dunia anak-anak.
      Saya juga punya blog yang berisi lagu2 ana ciptaan saya, dan banyak artikel tentang
      parenting tips, pendidikan kreatif, dongeng pendidikan, dan masih banyak lagi.
      silakan berkunjung ke blog saya di

      http://lagu2anak.blogspot.com

      Kak Zepe

      oh iya..bila berkenan, mari bertukar link..

    14. wahyu
      1 November 2011 pukul 09:06

      anak didik yang selalu bermain dalam kelas diberikan model pembelajaran semacam apapun tidak pernah mau memperhatikan, gimna cara mengatsi hal trsbt

    15. hera
      7 Desember 2011 pukul 16:53

      kenapa anak saya kalau dia ngambek di sekolah suka buang buku, tdk mau mengikuti pelajaran, kadang bukunya dicoret2, disobek atau di buang. saya berusaha untuk menjaga perasaan dia agar pada waktu berangkat sekolah suasana hatinya tdk lg kesal karna takut berefek di sekolah. Bagaimana mengatasinya? Apa yang harus dilakukan oleh gurunya karna setiap anak saya ngambek gurunya tdk bs mengatasi dan menghub saya. kdg sy berpikir apa grnya yang blm menemukan cara mengatasi ank saya atau sy pindahkan saja sekolahnya. Anehnya berangkat dr rumah sdh riang tp ada kejadian kecil mis dia btk dan muntah, dia marah2, sobek buku tdk mau mengikuti pelajaran. terimakasih atas jwbnya.

    16. Alaya
      21 Desember 2011 pukul 14:10

      Adik saya brusia 11, hampir stiap hari dia menangis, marah, dan berteriak. Dia juga suka memukul ibu sya, dia mudah skali trsinggung. Sy brusha mngtahui pnybabnya, mungkn krn krangx prhtian dr ibu dn sya, lalu pngaruh sya yg b2rp thun trakhr stres mungkn mnular ke dia, jg pngruh dr tmp dia dti2pkn yaitu rmh saudra jauh dmn bnyk skali ank2 nkal dstu. Sya brusha brubh dn mbri prhtian lbh, tp kdang dia smkn mnjd dn tdk trima. Adakh sran unt sya mlakukan sesuatu yg membuatnya bhagia? Trimakash bnyak.

    17. 15 Januari 2012 pukul 21:48

      Artikel yang bagus, mungkin sebagai tambahan posisikan diri kita sebagai anak jika berhadapan dengan anak.

    18. 23 Januari 2012 pukul 23:58

      Ass,sy sedang menghadapi sulit nya mengahadapi anak sy yg berumur 4th.Anak sy suka marah tampa sebab,suka melawan orang tua,tdk mau mendengar panggilan orang tua,suka meludah klu tdk suka,suka menendang dan memukul orang tua.Tolong sy,sy SANGAT MENGHARAPKAN SOLUSI agar tdk terlambat u mengetahuinya.Terimakasih

    19. Hermin
      17 Februari 2012 pukul 17:59

      Saya sangat senang dgn tulisan mengenai cara menghadapi anak yg gampang emosi.
      Tlg berikan sy tips apa yg hrs sy lakukan jika anak sy memukul temannya.terima kasih

    20. 3 Juli 2012 pukul 15:56

      Hai gambarnya lucu. Ijin copy gambarnya ya,. Trims. Hukum | Status Hukum

    21. Nuha
      5 September 2012 pukul 12:09

      Ass. Saya punya anak perempuan usianya baru 2 tahun 2 bulan, dia sering kali ringan tangan dengan teman-temannya bahkan terkadang suka melawan. mohon solusinya…… terimakasih sebelumnya.

    22. Nuha
      5 September 2012 pukul 12:12

      bagaimana cara mengatasi emosi anak didik serta memotivasi dia untuk belajar jadi anak yang bertanggung jawab

    23. anik
      15 Oktober 2012 pukul 08:44

      SENang banget ada artikel ini……..sy lagi bingung dengan anakku skarang dy suka teriak,marah dan suka nangis malah tidak mw dengar lagi apa yg biasasy ajarkan padahal sebelumnya anakku adalah penurut…….sudah 3 minggu ini terjadi….sy seperti tidak terima perubahan anak saya malah kadang sy sendiri ikut emosian menghadapi anak saya dan itu yg saya takutkan

    24. anik
      15 Oktober 2012 pukul 08:46

      mf……….anak saya laki laki umur 3,9 bulan sudah masuk paud tolong sekali solusinya

    25. firman
      12 Januari 2013 pukul 16:07

      apakah seluruh kemauan anak harus di ikuti??
      bagaimana cara mengatasinya??

    26. uke ratna
      10 Oktober 2013 pukul 04:56

      anakku umurnya 3thn 4bln,klo mrah pasti ngmongny jlek.gmna y caranya agar anak sya bs merubah sifat jleknya.mkci

    1. No trackbacks yet.

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 939 pengikut lainnya.