Beranda > Ilmu Psikologi, Psikologi Anak > Tips Mudah Memotivasi Anak Untuk Membaca

Tips Mudah Memotivasi Anak Untuk Membaca

Tidak ada istilah terlalu dini untuk memperkenalkan anak Anda pada dunia membaca. Membaca adalah jendela dunia. Jadi, kebiasaan membaca di usia dini akan berlanjut terus sampai dia dewasa nanti, dan hal tersebut sangat baik untuk menjadikannya seorang yang berwawasan luas. Berikut ini adalah Tips mudah memotivasi anak untuk membaca:

1. Sosialisasi Dini.

Bicara dengan anak Anda tentang apa yang sedang Anda baca, seperti berbagi artikel koran dan majalah yang menarik, tunjukkan indah kata-kata dari buku dan perkenalkanlah kosakata-kosakata baru kepadanya.

2. Berikan Alternatif Pilihan.

Berikan pilihan dari beberapa buku-buku terbaik untuk anak Anda sehingga ia selalu bisa menemukan salah satu yang paling menarik baginya. Biarkan anak memilih sendiri buku. Jika Anda memilih buku mereka dan mereka tidak tampaknya menikmati membaca, mereka mungkin menemukan buku yang Anda pilih membosankan. Biarlah mereka menemukan buku-buku tentang hal-hal yang menarik bagi mereka. Mereka mungkin menemukan banyak buku yang akan Anda bahkan tidak mengira dia akan memilihnya.

3. Pembahasan Bersama.

Lakukan sedikit pembahasan ringan dan santai tentang buku yang baru saja mereka baca. Tanyakan tentang tema, karakter cerita dalam buku tersebut dan bagaimana kaitan cerita dengan kehidupan nyata. Misalnya implementasi cerita tentang kejujuran, berbakti pada orang tua dan keberanian dalam kehidupannya sehari-hari.

4. Reward.

Berikanlah penghargaan pada anak Anda untuk keinginannya membaca buku-buku baru.

5. Apabila Memugkinan,

Buatkan Ruang Perpustakaan di Sudut Rumah Anda. Tidak perlu besar dan lengkap, namun setidaknya Anda dan dia bisa menikmati suasana membaca di sana. Lama-lama, dia akan terbiasa dengan sausana dan budaya membaca, sehingga apabila dia menginginkan buku untuk dibaca, dia akan ke ruang ‘perpustakaan’ tersebut.

Sumber : tipsanda.com

About these ads
  1. 27 Juni 2010 pukul 07:56

    Terima kasih atas informasinya, blog yang sangat bagus untuk memberikan motivasi kepada generasi muda dalam meningkatkan kemampuan dan perkembangan psikologi SDM di Indonesia umumnya dan khususnya di daerah/kabupaten yang belum masih terbelakang.

    Salam kenal,
    Muhammad Irvan Mumtaza
    Pelajar Indonesia

  2. 27 Juni 2010 pukul 08:10

    wah..
    betul..sangat menarik..

    http://punzjrs24.wordpress.com

  1. 27 Juni 2010 pukul 07:51
  2. 27 Juni 2010 pukul 08:02

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 939 pengikut lainnya.