Beranda > Ilmu Psikologi, Psikologi Perkembangan, Psikologi Remaja > Pengertian Kecerdasan Spiritual

Pengertian Kecerdasan Spiritual

Menurut Munandir (2001 : 122) kecerdasan spritual tersusun dalam dua kata yaitu “kecerdasan” dan “spiritual”. Kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapinya, terutama masalah yang menuntut kemampuan fikiran. Berbagai batasan-batasan yang dikemukakan oleh para ahli didasarkan pada teorinya masing-masing. Selanjutnya Munandir menyebutkan bahwa Intelegence dapat pula diartikan sebagai kemampuan yang berhubungan dengan abstraksi-abstraksi, kemampuan mempelajari sesuatu, kemampuan menangani situasi-situasi baru.

Sementara itu Mimi Doe & Marsha Walch mengungkapkan bahwa spiritual adalah dasar bagi tumbuhnya harga diri, nilai-nilai, moral, dan rasa memiliki. Ia memberi arah dan arti bagi kehidupan kita tentang kepercayaan mengenai adanya kekuatan non fisik yang lebih besar dari pada kekuatan diri kita; Suatu kesadaran yang menghubungkan kita langsung dengan Tuhan, atau apa pun yang kita namakan sebagai sumber keberadaan kita.  Spiritual juga berarti kejiwaan, rohani, batin, mental, moral.

Jadi berdasarkan arti dari dua kata tersebut kerdasan spiritual dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk menghadapi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan nilai, batin, dan kejiwaan. Kecerdasan ini terutama berkaitan dengan abstraksi pada suatu hal di luar kekuatan manusia yaitu kekuatan penggerak kehidupan dan semesta.

Menurut Tony Buzan kecerdasan spiritual adalah yang berkaitan dengan menjadi bagian dari rancangan segala sesuatu yang lebih besar, meliputi “melihat suatu gambaran secara menyeluruh”. Sementara itu, kecerdasan spiritual menurut Stephen R. Covey adalah pusat paling mendasar di antara kecerdasan yang lain, karena dia menjadi sumber bimbingan bagi kecerdasan lainnya. Kecerdasan spiritual mewakili kerinduan akan makna dan hubungan dengan yang tak terbatas.

Zohar dan Marshal mendefinisikan kecerdasan spiritual sebagai kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dari pada yang lain. Kecerdasan spiritual menurut Khalil A Khavari di definisikan sebagai fakultas dimensi non-material kita atau jiwa manusia. Ia menyebutnya sebagai intan yang belum terasah dan dimiliki oleh setiap insan. Kita harus mengenali seperti adanya, menggosoknya sehingga mengkilap dengan tekat yang besar, menggunakannya  menuju kearifan, dan untuk mencapai  kebahagiaan yang abadi.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa definisi kecerdasan spiritual adalah kemampuan potensial setiap manusia yang menjadikan ia dapat menyadari dan menentukan makna, nilai, moral, serta cinta terhadap kekuatan yang lebih besar dan sesama makhluk hidup, karena merasa sebagai bagian dari keseluruhan. Sehingga membuat manusia dapat menempatkan diri dan hidup lebih positif dengan penuh kebijaksanaan, kedamaian, dan kebahagiaan yang hakiki.

Related Post :

Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Jenis metode penelitian

Pengertian Narkoba

About these ads
  1. garansi
    18 Februari 2010 pukul 16:18 | #1

    pencerhan hati artikel ini

  2. vindi
    23 April 2010 pukul 11:24 | #2

    saya sependapat dengan pengertian ilmu spiritual. dan menurut saya ilmu spiritual adalah ilmu yang mempelajari tantang rohani, kejiwaan dan perasan.ilmu tersebut dapat membuat qta menghargai orang lain dan mengerti apa makna dari hidup

  3. Oliver
    21 Januari 2011 pukul 11:48 | #3

    dengan ini saya ingin mendapat maklumat tentang SQ.saya berharap anda dapat membantu saya..

  4. 25 Januari 2011 pukul 07:42 | #4

    Tolong donk kk lampirkan nama buku dan pengarang nya…pengen baca bukunya lengkap nih…tolong ya….

  5. Icho
    19 April 2011 pukul 23:27 | #5

    Izin comot kang..makasi :D

  6. spekerpayeti
    28 September 2011 pukul 17:54 | #6

    tolong dong om…referensinya yg komplit….
    thx…

  7. 18 Oktober 2011 pukul 17:58 | #7

    mengasah kecerdasan spiritual dalam memahami ayat2 Allah SWT ?

  8. Cak Supri
    22 Januari 2012 pukul 10:01 | #8

    Dalam buku yang saya baca “Laduni Quotient; Model Kecerdasan Masa Depan”, kecerdasan integral haruslah memadukan kecerdasan pikiran (IQ, EQ dan SQ) dengan kecerdasan hati (aql, qalb, dzauq, shadr, fuad, bashirah dan lubb). Mohon tanggapan.

  9. 7 Mei 2013 pukul 11:36 | #9

    siiplah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 938 pengikut lainnya.