Beranda > Ilmu Psikologi, Jurnal Psikologi, Psikologi Remaja > Pengertian Kepercayaan Diri

Pengertian Kepercayaan Diri

Dalam bahasa gaul harian, pede yang kita maksudkan adalah percaya diri. Semua orang sebenarnya punya masalah dengan istilah yang satu ini. Ada orang yang merasa telah kehilangan rasa kepercayaan diri di hampir keseluruhan wilayah hidupnya. Mungkin terkait dengan soal krisis diri, depresi, hilang kendali, merasa tak berdaya menatap sisi cerah masa depan, dan lain-lain. Ada juga orang yang merasa belum pede dengan apa yang dilakukannya atau dengan apa yang ditekuninya. Ada juga orang yang merasa kurang percaya diri ketika menghadapi situasi atau keadaan tertentu. Berdasarkan praktek hidup, kita bisa mengatakan bahwa yang terakhir itu normal dalam arti dialami oleh semua manusia.

Sebenarnya apa sih yang kita maksudkan dengan istilah pede/kepercayaan diri itu?

Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.

Baca selengkapnya . . .

Artikel yang berkaitan :

  1. 5 Januari 2010 pukul 04:36

    tp jgn sampai kebanyakan ya PDnya…?

  2. Monic & Sr Imelda
    24 Januari 2011 pukul 21:34

    PERCAYA DIRI ITU PENTING SETIAP ORANG YANG INGIN MEMILIKI RASA PERCAYA DIRI TINGGI SALAH SATU HAL YANG PERLU DAN PENTING ADALAH KESADARAN DIRI.

  3. 20 Juli 2011 pukul 21:43

    Ya, menarik juga artikel ini. Tapi sebagai tambahan dari saya, bahwa adakala kepercayaan terhadap diri sendiri itu bak roda yang berputar. Terkadang di atas, di bagian samping, atau di bagian bawah. Seorang pemimpin yang selalu gagah berani pun akan mengalami kehilangan pede nya tatkala ia tak tahu apa yang harus dilakukan sebenarnya oleh seorang pemimpin apabila suatu urusan rumit di luar batas kemampuannya menghampiri. Dan mungkin kuncinya terdapat pada orang-orang di luar diri kita juga. Maksudnya dengan meminta pertolongan orang lain; bukannya memaksakan kehendak menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Jadi, kepercayaan diri di sini menurut saya tidak selamanya disandarkan terhadap diri sendiri, melainkan kepercayaan terhadap orang lain pula. Trims.

  4. 13 Desember 2011 pukul 11:28

    kalau bisa isi makalahx lengkap dikit.
    Tlng makalahx disertakn dgn pengertiian keprcaan diri mnurut pra ahli.

  5. bul-bul
    17 Januari 2012 pukul 13:54

    ada g ya hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal ?
    tolong kasi penjelsan ya,,,,,,,,,,,
    makasih sebelumnya 🙂

  6. mudasetia hamid
    26 Maret 2012 pukul 13:07

    saya perlu artikel jurnal asing ttg percaya diri dan motivasi berprestasi

    gmn cara yg mudah . bisa down load > trimakasih.
    salam muda yogyakarta

  7. Ndaroe
    15 Juni 2012 pukul 09:46

    PERCAYA DIRI HENDAKNYA SELALU DIDASARI RASA RENDAH HATI,GBU ALL:)

  1. 28 Januari 2010 pukul 06:55
  2. 27 Juni 2010 pukul 08:01
  3. 13 Maret 2014 pukul 10:01
  4. 26 Maret 2014 pukul 14:01

Tinggalkan komentar